Definisi Animasi & Pengembangan Animasi di Indonesia


Definisi Animasi

Animasi adalah grafika yang menampilkan gambar yang bergerak dan juga dapat bersuara. Yang memiliki object seperti kehidupan sehari-hari, dan juga cerita yang di ambil dari cerita rakyat maupun cerita fiksi.

Sejarah Animasi di indonesia

Sejarah perkembangan animasi di indonesia dikarenakan perkembangan perkembangan tv swasta di indonesia sedang banyak banyaknya, perkembangan animasi di indonesia dimulai dari tahun 1982 sampai 2000.

Pada awal perkembangan animasi yaitu tahun 1983 pada tahun ini animasi digunakan untuk kebutuhan iklan tetapi banyak juga yang menggunakan animasi untuk film.

Selanjutnya pada tahun 1990 adalah perkembangan studio animasi di indonesia.

Pada tahun 1993 komunitas untuk para animator di indonesia sudah terbentuk untuk saling menukar informasi dan juga untuk menyatukan para animator di indonesia.

Pada tahun 1995 kota-kota besar di indonesia sudah sangat berkembang pada produksi animasinya, seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, dan juga Denpasar.

Pada tahun 1998 tepatnya pada bulan februari  ditetapkan sebagai hari komik dan animasi nasional oleh Dirjen Kebudayaan, dan juga sebagai tahun yang mengakat cerita rakyat sebagai ceritanya.

Dan untuk tahun 2003-2009 sudah banyak animasi dengan 3D.

Komentar

Popular Posts

Animasi malam

Sistem Input/Output (I/O)

Definisi Design Grafis & 5 Software pembuat Animasi