Media, Media Sosial, dan Kaskus.co.id

Hae gaes, sekarang saya akan membahas tentang media.

apa si media itu?
Media adalah segala bentuk/cara untuk menyampaikan sesuatu pesan/informasi penting yang ada di sekitar kita.

Tetapi menurut para ahli media adalah sebagai berikut;

·         Media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan penyalur pesan guna mencapai tujuan.(Syaiful Bahri Djamarah).

·         Media adalah sebuah teknologi pembawa pesan yang dapat di manfaatkan keperluan pembelajaran.(Schram).

·         Media adalah sebuahsarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk teknologi perangkat kerasnya.(National Education Asociation{NEA}).

·         Media adalah segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran pesan. (Asociation of Education comunication Technology {AECT}).

·         Media adalah suatu benda yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan bagi siswa sebagai proses belajarnya. (Briggs, Gagne, dan Miarso).

Tetapi dalam arti yang lain media itu bisa di jelaskan sebagai sarana/alat untuk menyampaikan informasi, pada jaman modern seperti ini, media sudah menjadi pemandangan kita setiap hari, entah di rumah, kantor, sekolah, tempat hiburan, bahkan ada media yang selalu kita bawa kemana-mana, contohnya adalah handphone kita, benda ini adalah media kita dalam melakukan berbagai hal, entah berkomunikasi, melihat informasi, bahkan menyampaikan informasi semua itu dilakukan hanya dengan menggunakan handphone kita, canggih bukan?. Padahal pada zaman dahulu media untuk menyampaikan informasi hanya sebatas tulisan atau ucapan, tetapi sekarang tulisan itu bisa kita simpan, lalu di sampaikan ulang pada beberapa hari kemudian.

Jenis-Jenis Media
Media dapat di kelompokan menjadi 3 bentuk, yaitu;

Media Visual
Media visual adalah media yang bisa di lihat, dibaca, dan diraba. Berbagai media ini mudah sekali di dapatkan dan di jumpai di sekitar kita, contohnya adalah buku, foto, gambar, poster, dll.

Media Audio
Media audio adalah media yang hanya bisa di dengar saja tanpa bisa melihatnya. Pada zaman dahulu informasi dengan menggunakan media ini susah sekali di sampaikan berulang-ulang, karena tidak adanya visual yang di tampilkan jadi informasi yang di sampaikan terlihat kurang jelas bakal tidak ketahuan bahwa informasi tersebut fakta apa hoax karena hanya berupa visual. Semakin kesini teknologi sudah canggih jadi kita dapat merekam informasi yang ingin di sampaikan, bahkan informasi tersebut bukan hanya berupa pesan yang flat tetapi ada yang berbentuk sebuah lagu.

Media Audio Visual
Media ini adalah yang mudah di pahamin dan di jelaskan kefaktaannya karena media ini menampilkan bentuk visualnya(gambaran informasinya) dan bentuk audionya(penyampaian gambaran informasi tersebut).

Nah sekarang kita akan membahas tentang Media yang selalu kita gunakan sehari-hari, media yang mungkin membuat sebagian penggunannya melupakan kehidupan di dunia yaitu media sosial.

Apa si Media Sosial itu?Dan apa saja jenis media sosial?Nah pasti pada penasaran kan? Nah cekidot gan.

Pengertian Media Sosial
Media sosial adalah interaksi antara manusia yang menggunakan sebuah media online untuk menyampaikan sebuah informasi, baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok/organisasi/perusahaan, maupun sebaliknya.

Jenis-jenis Media Sosial ada 8 jenis, yaitu;

1.      Relationship network
2.      Media Sharing Network
3.      Online Reviews
4.      Forum Diskusi
5.      Social Publishing Platforms
6.      Bookmarking Sites
7.      Interest-based networks
8.      E-Commerce

Nah kita gak akan membahas bukan tentang jenis-jenis media sosial tetapi yang akan kita bahas di sini adalah tentang www.kaskus.co.id salah satu media sosial buatan anak bangsa ini yang mempunyai beberapa gabungan dari jenis media sosial, jadi di media sosial ini kita akan bisa berdikusi (Forum Diskusi), Mencari teman (Relationship Network) dengan minat yang sama (Interest-based network), membaca artikel yang dibuat oleh pengguna lain (Social Publishing Platform), dan melihat barang yang ingin kita beli atau menjual barang (E-Commerce), tetapi yang paling menonjol dari kaskus ini adalah Forum Diskusinya yang gak pernah berhenti dari pagi sampai pagi lagi pasti banyak sekali thread-thread yang di buat penggunanya yang selalu rame.




Sejarah Kaskus
Kaskus dibuat pertama kali pada 6 November tahun 1999 oleh mahasiswa asal indonesia yang sedang belajar di seattle, amerika serikat, yaitu; Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, Ken Dean Lawadinata. Nama kaskus di ambil dari singkatan kasak kusuk, di kaskus ini kita bisa mendapatkan informasi yang mungkin ada yang konyol, mau pun penting (Warning) jangan sekali-sekali terjebak judul Thread yang bagus, karena di kaskus ini banyak sekali jebakannya hehe.

Nih gan video dari perjalanan kaskus.



Kata-kata Mutiara Kaskus
Kata-kata mutiara ini yang jadi simbol dari kaskus dan mungkin jadi kata gawoel di lingkungan kita hahaha, tidak mungkin kalian yang main kaskus tidak tahu kata-kata mutiara ini, seperti Agan/Aganwati, pertamax, kaskuser, TS, trit, Cendol/ijo-ijo/GRP, Bata Merah/BRP, ISO 2000, Maho, TKP, Mimin, momod, main tenis, BB+17, Pejwan, sotosop, dan pokoknya masih banyak deh gan kata-kata mutiara yang ada di kaskus.

Nah sekarang nih yang belom pernah mainan kaskus dikasih tahu deh apa saja fitur yang ada di kaskus.

·           Kaskus punyai sebuah sistem pembayaran secara online untuk membeli barang di internet yang di sebut Kaspay, fitur ini di publik pas ulang tahun kaskus ke 10.

·         Nah yang kedua nih, ayo yang sering ke habisan pulsa pas mau nelpon atau pas nelpon gebetan siapa? Hehe gak usah ribet kalo malem-malem kehabisan pulsa, kalian tinggal buka E-Pulsa di kaskus gan, nah masalah pembayaran agan bisa menggunakan Kaspay, mudahkan?.

·         Yang ketiga nih cocok buat yang punya bisnis, bingung mau masarin bisnis agan kaya gimana? Mau beriklan di tv atau koran tapi mahal? Ya tinggal pakai aja Kaskus ads atau biasa di singkat KAD, disini agan bisa beriklan dengan membayar ke kaskus, biayanya tidak terlalu mahal kok gan, gak percaya? Coba deh sendiri hehe.

Nah sekarang TS mau sebutin beberapa sub forum yang ada di kaskus nih.

Loe-Ke-Loe
Forum tempat para pengguna Kaskus dapat menemukan dan membahas mengenai topik khusus, seperti komunitas, hobi, gaya hidup, dan apa yang kita sukai.

Cas-Ci-Cus
Forum tempat para pengguna Kaskus dapat berbicara mengenai berbagai topik bebas seperti masalah politik, berita umum, atau hanya sekedar membicarakan pengalaman pribadi.

Regional
Forum tempat para pengguna Kaskus dapat berkomunikasi maupun berkumpul satu sama lain yang masih berdomisili di wilayah yang sama.

Forum Jual-Beli
Forum tempat para pengguna Kaskus dapat menjual dan/atau membeli suatu barang/jasa yang diinginkan.

Kaskus Corner
Forum tempat para pengguna Kaskus dapat mendapatkan info mengenai acara/kegiatan tertentu seperti bakti sosial, gathering, atau seminar yang diselenggarakan oleh Kaskus atau pengguna terdaftar yang bersangkutan.

Nah buat yang belum pernah tahu kaskus ane sarana si agan buka di subforum di Cas-ci-Cus karena di subforum ini banyak yang menarik, buat agan yang suka dengan hal-hal menyeramkan agan bisa buka Disturbing picture, tetapi jika ingin mendapatkan informasi saja agan bisa buka di The Lounge.

Ok gan sekarang kita akan membahas penampakan kaskus dari masa ke masa dan Fakta-Fakta tentang kaskus :sundul gan: .

Penampakan Kaskus pada awal kali muncul nih gan


*Domain pertama yang digunakan adalah kaskus.com
*Member awal di kaskus hanyalah berjumlah 10 orang

Nah yang ini penampakan setelah 4 tahun berikutnya yaitu pada 2004 dan 2005 gan



*Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai komunitas terbesar dan situs terbaik.

Penampakan 2006 nih gan


*Di tahun ini kaskus sempat ganti nama domain, yang tadinya kaskus.com menjadi kaskus.us karena penyeberan virus brontok yang di buat untuk menyerang situs-situs indonesia dan kaskus salah satunya.

Penampakan 2007


*Di tahun ini pihak kaskus menambahkan 2 server agar performa dari kaskus tersebut menjadi lebih baik (Dell server).

Penampakan kaskus pada 2008


*Tahun ini tepatnya pada 16-17 Mei kaskus diserang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang di duga dari komunitas YogyaFree, kaskus di serang dengan menggunakan teknik DdoS (Distributed Denial of Service)
*Tahun ini juga adalah tahun terbaik untuk kaskuser dimana dari pihak kaskus sendiri telah memindahkan server ke indonesia agar kaskuser di indonesia saat membuka website ini sudah bisa lebih cepat.

Penampakan 2009


*Kaskus meluncurkan sistem kaspay yang tepatnya pada 6 november 2009, saat 10 tahun kaskus berdiri.

Penampakan 2010



*Kaskus menjadi 6 situs yang sering di kunjungi di indonesia dan 257 dunia menurut alexa.com.
*Kaskus sudah mempunyai lebih dari 50 server.

Penampakan 2011


*Bulan juni kaskus menjadi 10 besar situs yang di akses di opera mini.

Penampakan 2012





penampakan kaskus sekarang nih gan lebih keren dan trendy hehe




*Domain kaskus sudah berganti lagi yang tadinya kskus.us menjadi kaskus.co.id karena perpindahan server pada 2008.
*Nah kaskus juga pernah menutup beberapa forumnya pada saat UU ITE di indonesia di berlakukan, seperti BB17+ (Buka-bukaan 17 ke atas), dan mengubah nama dari Fighting Club menjadi Debate Club, karena di Fighting Club kita ber debat dengan bebas dan tanpa ada batasan tetapi di saat berubah nama setiap thread yang di post user kan di analisa dan di liat apakah layak untuk di tampilkan apa tidak.

Inovasi yang ada di kaskus sejak berdiri

Inovasi yang di terapkan oleh kaskus sudah banyak sekali, mulai dari sistem pembayaran online, pembelanjaan online, berinteraksi denga user lain melalui kolom komentar ataupun personal massage, dan kaskus juga sangat mengikuti peraturan yang ada di indonesia sampai-sampai menghapus dan mengubah sub forum yang ada untuk mendukung tentang UU ITE yang ada. Dari tampilan kaskus sudah sangat berkembang, setiap tahun selalu menampilkan interface yang berbeda sesuai minat dari usernya.

Nah mungkin saat ini kaskus tengah membuat sesuatu inovasi yang baru yang di mana bisa di pergunakan sebaik-baiknya oleh user, mungkin jika bisa saran kaskus bisa membuat sebuah sub forum baru untuk anak-anak sebagai media belajar dan perbatasan usia pengguna agar anak-anak di indonesia tidak salah buka karena konten di kaskus ada juga yang tidak cocok di perlihatkan untuk anak-anak.

** Media sebagai alat untuk berkomunikasi antar manusia, media di bagi menjadi 3 jenis: media audio, media visual, dan media audio visual.
** Media sosial sebagai alat berkomunikasi antar manusia yang sangat jauh, media sosial terdiri dari 8 jenis.
** Kaskus adalah media yang masih eksis sampai dengan sekarang, kaskus kepanjangan dari kasaj-kusuk, kaskus sudah banyak mengalami perubahan yang sangat signifikan, mulai dari tampilan interfacenya, sampai inovasi tentang forum yang ada di dalamnya, tetapi ada forum yang tidak sesuai bagi pengguna yang belum cukup umur.

Komentar

Popular Posts

Animasi malam

Sistem Input/Output (I/O)

Definisi Design Grafis & 5 Software pembuat Animasi