IoT (Internet of Things) pada perusahaan dalam segala aspek

Hy hy, balik lagi di Blog BadutGaming, disini saya akan membahas tentang IoT pada kehidupan manusia, padahal tugas yang harus di tulis hanya perlu dicantumkan 1 saja, tetapi agar lebih mendapatkan pengetahuan yang luas saya akan menjelaskan IoT pada setiap aspek kehidupan, mulai dari kesehatan, industri, perekonomian, dan kawan-kawannya, jadi budayakan membaca sampai habis, agar ilmu dapat diterima dan pikiran akan terbuka wawasannya hehe.

apa si itu IoT?

IoT adalah singkatan dari Internet of Things jadi setiap alat pada suatu perusahaan/alat rumah tangga sudah saling terhubung dengan yang namanya Internet dan berhubungan satu sama lain, tetapi... tugas manusia masih dibutuhkan loh... kenapa tuh? karena alat yang mudah rusak maupun jaringan yang sering mengalami kendala maka tugas manusia diperlukan untuk memperbaiki(maintence) setiap sistem yang ada pada perusahaan/alat rumah tangga.

Dimana saja sih IoT digunakan?

IoT sering sekali digunakan dalam berbagai bidang, yaitu industri, kesehatan, pemerintahan, dll.

Bagaimana sih cara sistem IoT berkerja? dan berfungsi untuk apa?

Sistem IoT sangatlah kompleks, disini saya kurang mengerti rinciannya bagaimana IoT berkerja, mungkin disini saya akan menjelaskan sesuai sepahaman saya saja ya hehe.. IoT berkerja untuk salaing mengatur/mengontrol setiap bagian mesin pada sebuah perusahaan, dimana sistem yang satu dengan yang lainnya akan terus berinteraksi dan akan terus melakukan aktifitasnya, tetapi bila satu sistem tidak berkerja dengan baik, maka akan mempengaruhi sistem yang lainnya.

kita ambil contoh perusahaan industrial, mereka membuat barang dengan sistem IoT dari mulai awal sampai akhir, lalu ketika di tengah jalan ada sistem yang rusak maka bagian sistem yang belakang tidak akan menerima hasil dari sistem di depannya, dan bagian sistem paling depan akan berhenti otomatis, karena tidak mungkin sistem yang didepan terus berjalan tetapi sistem yang dibelakangnya tidak berfungsi dengan baik.

untuk fungsinya sistem IoT ini untuk menghemat waktu, mempercepat interaksi dari satu perangkat dengan perangkat lain, dan juga memudahkan dalam meminimalisir masalah yang sering dilakukan manusia.

Om, dimana aja sih IoT bisa di terapkan?

Am om am om, maaf saya bukan om anda hehe..

oke lanjut, IoT sih bisa diterapkan pada semua macam bidang, contohnya dalam bidang kesehatan, ada yang namanya sepeda pintar, sepeda ini dapat menghitung, menganalisa, dan menentukan jarak terbaik untuk bersepeda, hanya dengan menghubungkan jaringan wifi pada smartphone dan sepeda maka semua akan terbaca pada smartphone tersebut.



untuk bagian rumah sih seperti lampu rumah kita juga bisa di implementasikan untuk IoT, jika anda melupakan untuk mematikan lampu, dan anda sudah pergi jauh, anda tinggal buka smartphone dan tinggal tekan satu tombol makan lampu akan mati, untuk peralatan yang lain juga bisa, seperti oven, kompor listrik, televisi, dan kawan-kawannya.


oke untuk lebih jelasnya IoT itu adalah teknologi yang sangat membantu bagi setiap perusahaan, ett.. bukan perusahaan doang deng, tapi semua aspek dari yang terkecil yaitu personal sampai dengan kelompok(pemerintahan, perusahaan, dll). mungkin mereka memakai IoT ini karena mudah, nyaman, dan sangat menghemat waktu, apalagi dizaman milenial yang selalu padat dengan aktifitas, mereka sering sekali lupa dengan hal-hal kecil maka IoT sangat membantu sekali.

Komentar

Popular Posts

Animasi malam

Sistem Input/Output (I/O)

Definisi Design Grafis & 5 Software pembuat Animasi