Kepadatan Penduduk


     Kepadatan penduduk adalah hal yang wajar terjadi disebuah negara, mulai dari negara berkembang maupun dengan negara maju, kepadatan penduduk biasanya akan terjadi di satu wilayah tertentu yaitu paling banyak daerah perkotaan di suatu negara maupun ibukotanya, hal ini di akibatkan oleh beberpa faktor, yaitu; faktor kelahiran, faktor ekonomi, faktor iklim dan tempat strategis. dan faktor sosial.

1. Faktor Kelahiran
Faktor ini merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap laju pertumbuhan penduduk. Contohnya di Jawa timur, Data Badan Pusat Statistik Pada tahun 1971 jumlah penduduk jawa timur mencapai 25 juta jiwa, pada tahun 1980 meningkat menjadi 29 juta, pada tahun 1990 meningkat menjadi 32 juta, pada tahun 1995 meningkat menjadi 33 juta, pada tahun 2000 meningkat menjadi 34 juta dan pada tahun 2010 meningkat menjadi 37 juta jiwa. Jika ini pertambahan penduduk ini terus terjadi, akan menyebabkan terjadinya kepadatan penduduk.

2. Faktor Iklim dan Tempat Strategis
Faktor ini juga menjadi salah satu penyebab kepadatan penduduk. Dengan iklim yang nyaman dan letak tempat yang strategis membuat penduduk beramai-ramai untuk menetap di wilayah tersebut. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka secara perlahan akan menyebabkan terjadinya kepadatan penduduk.

3. Faktor Ekonomi
Faktor ini juga menjadi salah satu penyebab kepadatan penduduk. Dengan terbukanya lapangan pekerjaan di suatu wilayah menyebabkan penduduk berbondong-bondong untuk menetap di wilayah tersebut. Hal inilah yang menjadi penyebab kepadatan penduduk di suatu wilayah.

4. Faktor SosialFaktor ini menjadi salah satu penyebab kepadatan penduduk. Penduduk akan senang dengan suatu tempat yang wilayahnya relatif aman. Jika suatu wilayah memiliki kondisi yang relatif tidak aman, maka wilayah tersebut hanya akan ditempati oleh beberapa penduduk saja.

Beberapa cara mengatasi kepadatan penduduk di indonesia sebagai berikut.

1.   Dengan melakukan pengendalian angka kelahiran. Di Indonesia pemerintah melakukan upaya pengendalian dengan memperkenalkan program KB (Keluarga Berencana) untuk mengendalikan angka kelahiran di Indonesia dan penundaan usia untuk menikah.

2.  Dengan melakukan pemindahan penduduk dari wilayah yang padat penduduknya ke wilayah yang kurang penduduknya. Dengan upaya ini akan mengurangi jumlah kepadatan di wilayah yang padat penduduknya.

3. Dengan melakukan pemerataan lapangan kerja. Pemerataan lapangan kerja dilakukan dengan mengembangkan Industri, pertanian, perkebunan, petambangan dan perikanan di wilayah yang lain. Dengan upaya ini diharapkan penduduk tidak terfokus untuk mencari pekerjaan di satu wilayah saja.

4.   Dengan melakukan pemerataan fasilitas yang ada di setiap daerah, agar masyarakat tidak terlalu berpikir hidup di jakarta atau kota-kota besar lebih enak karena fasilitass yang mudah di akses dan biaya yang tidak terlalu mahal bila hidup di kota-kota besar.

5.   Dengan membatasi jumlah perpindahan penduduk ke kota-kota besar, karena faktor ini lah yang sulit sekali dilakukan, maka dari itu sistem undang-undang harus dibenahi dan di kaji ulang.

    itulah beberapa faktor penyebab kepadatan penduduk dan cara mengatasinya, jika tetap dibiarkan terus menerus maka populasi manusia akan memenuhi bumi ini dengan cepat dan mungkin saja bumi ini akan cepat rusak karena hutan-hutan di hilangkan dan dijadikan perumahan untuk memenuhi permintaan manusia tersebut.

thanks gaes sudah membaca artikel ini kurang lebihnya mohon maaf ;D.

Komentar

Popular Posts

Animasi malam

Definisi Design Grafis & 5 Software pembuat Animasi

Sistem Input/Output (I/O)