Augmented Reality

Kembali lagi dengan Badut-Gaming, disini saya akan membahas tentang yang namanya Augmented Reality yaitu mirip-mirip dengan VR(Virtual Reality) bedanya kita masih bisa menikmati dunia nyatanya haha, VR ini jadi salah satu trend sistem yang digunakan untuk semua malasah, dan sudah sekali banyak game-game dengan menggunakan sitem ini. oke langsung saja.

Augmented Reality adalah teknologi untuk mengabungkan benda maya 2 dimensi atau 3 dimensi ke dalam sebuah kenyataan di lingkungan 3 dimensi lalu memproyeksikan benda-benda tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti virtual reality, augmented reality hanya menambahkan sesuatu ke kenyataan.

Benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat sama sekali diterima oleh inderanya sendiri. Maka dari itu augmented reality adalah alat bantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata, jadi informasi yang di peroleh pengguna yang di tampilkan pada benda maya membantu untuk melaksanakan kegiatan dalam dunia nyata.
Perangkat dalam augmented reality adalah Head Mounted Display, Virtual Retinal Display.

HMD terdapat 2 Jenis yaitu;

Opaque Head-Mounted Display.
Perangkat ini ada 2 cara menggunakannya, yang pertama ketika perangkat digunakan di 1 mata maka mata yang tidak menggunakan perangkatnya pengguna harus mengintegrasikan padangannya dalam dunia nyata dengan pencitraan grafis yang di proyeksikan kepada mata yang satunya. Tetapi jika perangkat digunakan di kedua mata, maka pengguna harus mempersepsikan dunia nyata melalui rekaman yang di tangkap kamera, lalu sebuah komputer menggabungkan rekaman atas dunia nyata dengan pencitraan grafis untuk menciptakan augmented reality yang di dasarkan pada rekaman.

See-Through Head-Mounted Display.
Berbeda dengan Opaque HMD, See-Through HMD cara kerjanya adalah dengan menyerap cahaya dari lungkungan luar, sehingga pengguna secara langsung mengamati dunia nyata dengan matanya, lalu sistem cermin yang di letakkan di depan mata  memantulkan cahaya dari pencitraan grafis yang di hasilkan komputer.
VRD adalah perangkat yang memproyeksikan cahaya langsung kepada retina mata pengguna, tergantung pada intesitas cahaya yang ada, dan dapat menampilkan gambar penuh ataupun tembus pandang, sehingga dapat menggabungkan virtal reality dengan gambar melalui penglihatannya, VRD menampilkan jarak pandang yang lebih luas ketimbang HMD dengan resolusi tinggi.

Penggunaan AR;
1.      Kesehatan.
2.      Manufaktur dan Reparasi.
3.      Hiburan.
4.      Pelatihan Militer.
5.      Navigasi Telepon Genggam.

Metode yang di kembangkan pada Augmented Reality.

1.Marker Augmented Reality (Mareker Based Tracking).
Merupakan ilustrasi Hitam dan Putih dengan batas hitam dan latar putih, komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker lalu menciptakan dunia virtual 3D dengan titik (0,0,0) dan tiga sumbu (X,Y,Z).

2. Markeles Augmented Reality.
Merupakan metode yang sedang berkembang, metode ini pengguna tidak perlu menggunakan marker untuk menampilkan elemen” digital, dengan tool yang di sediakan pengembang di mudahkan untuk membuat aplikasi yang markeless. Metode ini di bagi menjadi beberapa jenis: yaitu;.
A.    Face Tracking
B.     3D Object Tracking
C.     Motion Tracking
D.    GPS Based Tracking

Game-game yang menggunakan Augmented Reality.
1.      Pokemon Go
2.      Parallel Mafia
3.      Temple Treasure Hunt
4.      Real Strike
5.      Zombie Go

Itu 5 game yang menggunakan sistem Augmented Reality, jadi mungkin gak sih AR ini dikembangkan lagi menjadi ebih baik dan dapat membuat sesuatu kemajuan teknologi yang sangat pesat, mungkin saja ada yang akan membuat sistem AR dalam video call jadi kita tidak hanya dapat melihatnya dalam bentuk 2D tetapi juga bisa 3D.
Oke kesimpulannya AR ini masih dalam perkembangan, tetapi sudah banyak aplikasi-aplikasi yang menggunakan sistem ini, karena apa? Karena sistem ini lebih mudah di tangkap ketimbang VR, karena VR dunia nyata dengan dunia Maya berbeda, tetapi sistem AR ini menggabungkan keduanya.


https://thinkmobiles.com/blog/best-augmented-reality-games/
https://www.it-jurnal.com/pengertian-augmented-realityar/
https://teknojurnal.com/pengertian-virtual-reality-dan-perbedaanya-dengan-augmented-reality/
http://solmet.kemdikbud.go.id/pengertian-augmented-reality/

Komentar

Popular Posts

Animasi malam

Sistem Input/Output (I/O)

Definisi Design Grafis & 5 Software pembuat Animasi