Bagaimana cara menjadi programmer yang baik?

Perkembangan teknologi di indonesia indonesia sedang naik daun, mulai dari pembayaran jalan Tol yang dari tunai lalu ke E-Money, dari cara kita belanja yang hanya duduk manis di rumah dan hanya bermodalkan smartphone, dan angkutan yang setiap hari mengantar kita untuk berpergian. 

Dengan begini maka kita dapat membuka lebar peluang, banyak sekali pertanyaan yang datang dari teman-teman saya padahal saya sendiri pun belum terlalu handal di bidang ini, tetapi saya selalu berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yang paling banyak mereka tanyakan adalah “Bagaimana menjadi programmer yang baik?”, nah jadi karena pertanyaan yang itulah saya membuat artikel ini. cekidot.

1.                 Belajar dasar dari pemrograman.
Dasar dari pemrograman itu sangatlah  mudah dipelajari asalkan  kita tekun dan rajin, bila di ibaratkan ini adalah pondasi rumah, tanpa sebuah pondasi, rumah itu tidak akan terbentuk dengan baik, jadi wajib sekali kita belajar dasar dari pemrograman, seperti; Konsep variabel, perulangan, fungsi, kelas, percabangan, dan pewarisan. dasar pada setiap bahasa sama saja yang berbeda hanya bahasanya.

2.                 Mengasah kemampuan berpikir kita.
Menjadi seorang programmer tidaklah mudah terkadang kita harus mengulas isi kepala kita untuk memecahkan sebuah masalah yang ada, karena ada beberapa cara untuk memecahkan sebuah masalah seperti pepatah  “Banyak jalan menuju Roma” maka kita tentu harus bisa memiliki cara yang paling efisien dan efektif untuk masalah tersebut.

3.                 Melihat ke dalam diri anda.
Ada beberapa bidang dalam pemrograman, mulai dari pemrograman web, dekstop, dll. Nah dari sini kita lihat kita mau menjadi apa, fokuslah pada satu bidang terlebih dahulu, jika sudah menguasai satu bidang itu kita bisa mengembangkan bidang yang lain, dan mengabungkannya.

4.                 Bahasa pemrograman.
Nah yang ini lanjutan dari sebelumnya, belajarlah bahasa pemrograman sesuai minat anda, jika anda ingin menjadi sebuah web programming maka belajarlah bahasa HTML,CSS,JavaScript,JQuery,dll yang berhubungan dengan web programming.

5.                 Buat program sesering mungkin.
Banyak sekali yang bilang bahwa teori lebih sulit daripada praktek, ini menurut saya benar karena kebanyakan orang jika di kasih teori itu lebih sulit memahaminya ketimbang prakteknya, maka dari itu belajarlah dengan membuat program sesering mungkin, karena jika kita sering melakukan sesuatu hal setiap waktu maka kita akan terbiasa dengan sendirinya, maka dari itu buatlah program mulai dari yang gampang terlebih dahulu, pelajari celahnya, dan naikan tingkatanya, jika sudah bisa, maka kita bisa menjadi programmer yang profesional.

6.                 Belajarlah dari manapun.
Di zaman sekarang kita dapat belajar dari manapun dan kapanpun dengan smartphone kita, maka dari itu sering-seringlah membaca tentang bahasa pemrograman, dari cara penulisan bahasa itu, strukturnya, dan sebagainya. Kita juga bisa sesekali mampir ke sebuah toko  buku untuk membeli buku tentang pemrograman, jika kita tidak bisa membelinya kita bisa pinjam di perpustakaan.

7.                  Semakin banyak teman, semakin banyak bantuan.
Teman itu seperti jembatan selalu membantu untuk menyeberang sungai yang deras, maka dari itu carilah teman-teman yang satu hobi dengan  kita, jika kita hobi programming maka carilah teman yang hobi programming juga, ataupun masuklah ke suatu komunitas/group , cara ini adalah cara untuk memudahkan kita menjadi sebuah programmer, jadi kita bisa saling sharing ilmu, bisa membantu yang sedang dalam kesulitan dalam suatu masalah ataupun kita yang di bantu.

Oke mungkin sudah cukup untuk beberapa tips & trick dari saya untuk menjadi seorang programmer yang baik, belajarlah selagi mampu, belajarlah selagi bisa, belajarlah selagi hidup, ilmu tidak akan hilang mesti maut telah datang.

Mungkin jika ada para master yang mampir kesini dan ada beberapa masukkan ataupun kritik dan saran bisa di komen ya J.

Referensi:

Komentar

Popular Posts

Animasi malam

Sistem Input/Output (I/O)

Definisi Design Grafis & 5 Software pembuat Animasi