Sejarah & Perkembangan Software

Di zaman yang serba maju seperti sekarang ini kita hidup dengan mendapatkan banyak kemudahan, kemudahan dalam berkomunikasi, kemudahan dalam mendapatkan informasi, dan kemudahan dalam melakukan berbagai macam hal,  dari yang dekat hingga yang jauh sekalipun, padahal pada zaman dahulu hiduplah seekor kijang hehe teknologi adalah hal yang sangat tidak mungkin ada, tetapi karena adanya kemauan manusia untuk berkembang maka hal itu menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas x panjang x lebar ini kita seharusnya dengan bijak menggunakannya sesuai kebutuhan kita. Komputer adalah alat yang tidak akan pernah kita lepas karena ini adalah kebutuhan sehari-hari kita, entah itu di sekolah, kantor, rumah maupun tempat umum, mulai dari mengerjakan tugas, ataupun hanya untuk liburan eh hiburan. Perkembangan teknologi akan terus dan terus berkembang, hal ini lah yang membuat kita yang seharusnya mengikuti perkembangan teknologi tersebut, bukan malah sebaliknya.
Komputer dari awal hingga sekarang sudah banyak mengalami evolusi dari bentuknya hingga fungsinnya. Komputer tidaklah berfungsi bila tidak ada software atau perangkat lunak. Jadi antara aku dan kamu eh maksudnya software,  hardware, dan barainware itu saling berhubungan atau saling berkaitan. Karena itulah semua sistem ini tidak bisa di pisahkan oleh jarak dan waktu.

Pengertian Software
Software merupakan intruksi atau statemen yang disusun logis dengan bentuk perkodean yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Seiring perkembangannya software mengalami perkembangan yang signifikan. Software bertugas untuk memberitahu hardware dalam melakukan fungsinnya, dan juga untuk menerjemahkan dan memberikan informasi kepada user agar tahu apa yang sedang di lakukan hardware.

Sejarah
Perkembangan software di bagi menjadi beberapa zaman, yaitu; Pioneer, stabil, mikro dan modern.

*Pioneer
Bentuknya masih berupa sambungan-sambungan kabel yang berhubungan dengan bagian lainnya di dalam komputer, untuk dapat mengaksesnya kita memerlukan punched card, semacam kartu yang di lubangi, di era ini software masi menyatu dengan hardware.

*Stabil
Perintah sudah dapat dijalankan Multitasking, dengan begitu sudah mampu menyelesaikan banyak pengguna dengan cepat, dan jua adanya basis data yang memisahkan antara program dan data.

*Mikro
Software sudah dapat di bedakan menjadi software sistem, aplikasi dan software pemrograman.

*Modern
Pada masa ini software sudah dapat digunakan untuk handphone, dan tingkat kecerdasan yang meningkat,dan sudah mampu mengenal suara, dan gambar.

Generasi Software

Generasi Pertama
Digenerasi pertama ini software masih menggunakan bahasa mesin. Contohnya bilangan biner yang akan di artikan ke bahasa kita, bahasa ini membutuhkan suatu alat untuk menerjemahkannya, karena hal ini lah kecepatan menjalankan programnya masih sangat lambat karena harus di terjemahkan terlebih dahulu baru di jalankan.

Generasi kedua
Digenerasi ini ada bahasa yang di sebut bahasa rakitan. Bahasanya masih sama seperti bahasa mesin tetapi penulisannya sudah dapat di baca. Bahasa ini disamakan dengan bahasa tingkat rendah, yang hanya di mengerti komputernya dan programnya, sehingga orang yang tidak mengerti bahasa mesin tidak akan paham bahasa ini.

Generasi ketiga
Untuk mengulangi bahasa yang susah di mengerti orang manusia maka di buatlah bahsa tingkat tinggi, bahasa ini lebih mudah di pahami oleh orang awam karena menggunakan bahasa sehari-hari, di generasi ketiga ini pun sudah muncul istilah procedure oriented programming dan problem oriented language.
Dengan adanya bahasa tingkat tinggi maka di buatlah sistem operasi untuk memudahkan menjalankan komputer pertama kali. Sistem dibuat dengan naman DOS(Disk Operating System). Kita juga dapat menggunakan bahasa tingkat tinggi ini untuk membuat program dalam bentuk executable dengan menggunakan compiler.

Generasi keempat
Bahasa ini dibuat untuk memungkinkan seorang programmer atau pemakai untuk mengintruksikan komputer untuk melakukan sesuatu. Generasi ini sama seperti generasi ketiga yang tidak perlu mengikuti procedure. Disini lah pengguna ang mengambil keputusan.

Generasi kelima
Bahasa ini digunakan pada expert system, expert system digunakan layaknya pakar sistem.


**Software selalu berkembang dengan mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan yang ada, kebutuhan hidup dalam menggunakan teknologi ini lah yang seharusnya menjadikan kita lebih selektif dalam menggunakan teknologi, jangan sampai kita di perbudak atau di penggunakan teknologi karena kita dalam menggunakan teknologi yang ada tidak sesuai kebutuhan yang kita perlukan.

Komentar

Popular Posts

Animasi malam

Sistem Input/Output (I/O)

Definisi Design Grafis & 5 Software pembuat Animasi